Pages

Selasa, 17 April 2012

Model Name Services

Apa Itu Model Name Services?

Pada sistem terdistribusi Name Services merupakan layananyang berfungsi untuk menyimpan naming context, yaitu kumplan binding nama dengan objek dan tugasnya utuk mer-resolve nam. Pengaksesan resource pada sitem terdistribusi yang memerlukan nama resource untuk pemanggilan nam resource, alamat untuk menentukkan tujuan lokasi resource, dan rute yaitu jalur untuk mencapai lokasi resource.

Untuk lebih jauh mengenal tentang Name Services kita akan pahami terlebih dahulu tentang resource pada system terdistrbusi yang memerlukan nama resource,alamat, dam rute tersebut. Name Service memiliki konsentrasi pada aspek penamaan dan pemetaan antara nama & alamat, bukan pada masalah rute, yang dibahas di Jaringan Komputer. Resource yang dipakai dalam Name Service adalah: komputer, layanan, remote object, berkas, pemakai. Contoh dari aplikasi tersebut adalah URL atau alamat untuk mengakses situs halaman web, atau Alamat email utuk komunikasi antar pemakai.

Ada banyak kumpulan penyimpanan Name Services pada satu atau lebih kontek penamaan yang berkaitan dengan nama dan atribut objek seperti User, Komputer, services dan Remote Object. Adapun kebutuhan-kebutuhan dari Name Services yaitu :

– penamaan unik yang standard

– scalability

– consistency

– performance dan availability

– mudah menyesuaikan terhadap perubahan

– perlindungan kegagalan

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut, sebuah name server setidaknya dapat menerapkan mekanisme berikut :

· Partitioning

Tidak ada satu name server yang dapat menyimpan seluruh nama dan atribut untuk seluruh jaringan. Data nama dipartisi berdasarkan domain.

· Replication

Sebuah domain biasanya memiliki lebih dari satu name server¸ Untuk meningkatkan availability dan performance

· Caching

Sebuah name server dapat melakukan mekanisme caching terhadap data nama dari name server lain

¸ Hal ini dilakukan untuk mencegah operasi permintaan sama berulang ulang

0 komentar:

Posting Komentar